Cara Membuat Website: 5 Langkah Strategis dan Praktis!

Table of Contents

Cara membuat website sebenarnya mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Inilah saatnya menghasilkan lebih banyak keuntungan melalui promosi online di situs Anda sendiri.

Jika Anda sedang belajar membuat website sendiri, maka ikutilah langkah-langkah di artikel ini. Lakukan dengan tips praktis, lalu optimasi untuk meningkatkan performa bisnis.

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat website yang perlu Anda lakukan.

1.      Tentukan Tujuan: Apa Yang Anda Jual?

Apa tujuan Anda membuat website? Saat mengamati dunia bisnis online, Anda tentu menyadari bahwa tiap jenis website punya kegunaan yang berbeda-beda.

Jika bisnis Anda menjual barang, maka website dengan model e-commerce adalah pilihan tepat. E-commerce dapat memastikan display barang-barang Anda terlihat jelas dan mudah dibeli.

Kalau yang Anda jual adalah jasa, bisnis afiliasi, atau artikel-artikel review, maka website dengan gaya blog adalah jawabannya. Jika ingin membangun sebuah komunitas, maka tipe website forum akan menjadi pilihan yang tepat.

Ada juga situs khusus portofolio yang fungsi utamanya adalah untuk memberikan highlight pada profil Anda. Biasanya, situs-situs seperti ini akan membantu Anda mendapatkan klien tak terduga serta ajakan kerjasama bisnis yang potensial.

Selain ketiga model tersebut, Anda masih bisa memilih jenis website lain, seperti situs berita, halaman edukasi, dan berbagai bentuk lainnya.

Intinya, bikin website online perlu dimulai dari sebuah pertanyaan besar: apa yang ada jual? Karena pada setiap website pasti ada nilai atau produk yang ingin ditonjolkan. Maka dari situlah Anda menemukan tujuan dari website yang dibuat.

2.      Buat dan Analisa Nama Domain

Dalam berbagai tips membuat website yang dibuat para ahli, memilih nama domain selalu dinilai sebagai salah satu langkah paling penting. Nama domain sangat menentukan masa depan keuntungan bisnis Anda. Maka, pilih dan buat nama domain dengan hati-hati.

Ada beberapa pertimbangan penting untuk menentukan nama domain, misalnya:

  • Kesesuaian nama dengan produk. Domain yang baik adalah yang menggambarkan jenis produk, jasa, atau nilai yang dijualnya.
  • Harus kreatif, tapi tetap dengan branding terbaik.  Kreativitas mutlak diperlukan, agar domain Anda unik dan berbeda dari yang lain. Namun tetap pastikan domain yang Anda ciptakan mudah diingat dan berpotensi untuk viral.
  • Singkat dan mudah diketik
  • Sesuaikan dengan penikmat atau pengguna – apakah domain sudah sesuai dengan target pasar?

Lakukan analisa terhadap usulan nama-nama yang ada. Pastikan nama domain yang dipilih tidak pasaran, aneh, atau justru melemahkan pasar. Jangan lupa untuk menyamakan alamat domain dengan identitas sosial media yang digunakan, sehingga pengguna dapat menemukan Anda dengan lebih mudah dimana-mana.

Bila sudah yakin, cek ketersediaan domain. Pastikan juga domain tersebut baru dan belum pernah digunakan sebelumnya. Jika sudah, daftarkan domain Anda.

3.      Pilih Platform Yang Paling Sesuai

Sekarang sudah banyak website builder yang menyediakan aplikasi pembuat website tanpa coding. Jadi meskipun tidak tahu bahasa pemrograman, Anda tetap bisa difasilitasi. Inilah salah satu cara membuat website sendiri dengan mudah.

Berbagai website builder tersebut sebenarnya menggunakan platform. Apa itu platform dalam dunia pembuatan website? 

Platform pada dasarnya merupakan tools atau alat-alat yang difungsikan untuk menyusun berbagai informasi dalam website Anda, agar mudah terakses. Platform juga bisa disebut sebagai Content Management Sistem (CMS).

Contoh platform yang biasanya digunakan untuk membuat web sederhana adalah WordPress dan Blogspot.

WordPress cenderung lebih mudah diinstal dan disesuaikan dengan keinginan para pembuat website, bahkan pemula sekalipun. Bersifat open source, sehingga perkembangannya cukup cepat. Tak jago IT bukanlah halangan untuk menggunakan platform ini.

Sementara itu, Blogspot sangat cocok untuk Anda yang tak mau kerepotan saat ingin membuat website. Cara pembuatannya mudah, hanya beberapa menit saja hingga sebuah website bisa tayang.

Jadi, platform apa yang ingin Anda gunakan?

4.      Bersiap Untuk Hosting! (Cek 3 Kriteria Hosting Terbaik)

Setiap website membutuhkan jasa perusahaan hosting, karena merekalah yang menyediakan space server untuk membuat situs Anda bisa diakses secara online. Semua aset, data dan file yang dibutuhkan website untuk bisa dilihat oleh visitor, disimpan di server.

Hosting memungkinkan halaman website Anda termuat saat domain diketik di kolom alamat browser. Oleh karena itu, cepat tidaknya loading website Anda juga tergantung pada kapasitas hosting.

Sebelum memutuskan hosting mana yang akan digunakan, ada baiknya Anda mempertimbangkan tiga kriteria hosting terbaik ini:

  • Kapasitas yang akan mempengaruhi kecepatan load website
  • Tingkat keamanan dan pengaturan terkait privasi.
  • Reliabilitas – seberapa bisa diandalkan hosting yang akan Anda pilih? Hosting yang baik menyediakan dukungan penuh, bahkan hingga 24 jam, untuk memastikan Anda bebas masalah terkait hosting.

Sementara itu, ada tiga jenis layanan hosting yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yaitu:

  • Shared Hosting – cocok untuk bisnis kecil hingga menengah yang belum menargetkan trafik tinggi.
  • Cloud Hosting – sesuai untuk website berjenis e-commerce, situs berita, maupun proyek online yang skalanya tergolong cukup besar. Cloud hosting banyak dipakai oleh situs yang sudah menargetkan trafik tinggi demi keuntungan penjualan.
  • VPS – pas untuk Anda yang membutuhkan keleluasaan lebih dalam mengatur website sendiri. VPS memungkinkan penyewanya untuk melakukan root sesuai kebutuhan.

Diantara ketiga jenis hosting tersebut, mana yang paling sesuai kebutuhan Anda?

5.      Optimasi Website, Ubah Visitor Jadi Uang!

Bila sudah ada website, lalu bagaimana?

Membuat website tidak hanya sekedar tentang memastikan sebuah alamat situs tersedia dan bisa diakses. Website yang desain dan isinya itu-itu saja akan membosankan dan tidak menarik. Jika seperti itu, apa gunanya membuat website?

Maka langkah selanjutnya adalah melakukan optimasi. Ubahlah website biasa menjadi alat pemasaran digital yang ampuh. Transformasi website sebagai mesin pencari uang yang bekerja untuk Anda.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menarik lebih banyak pengunjung dan menghasilkan lebih banyak uang adalah sebagai berikut:

  • Utamakan pengguna. Desain website untuk memudahkan pengguna mendapatkan apa yang mereka cari. Caranya, Anda bisa membuat navigasi yang mudah.
  • Perhatikan tampilan mobile, karena sekarang banyak pengguna internet akan mengakses website menggunakan smartphone.
  • Isi dengan konten yang bermanfaat dan sesuai dengan yang Anda pasarkan.
  • Perhatikan kredibilitas. Hindari menuliskan informasi yang menyesatkan. Meskipun Anda ingin meningkatkan nilai SEO suatu website, tapi tetap perhatikan mutu dan kebenaran konten yang Anda unggah ke website.

Website Pemasaran Digital, Cara Ampuh Tingkatkan Profit

Dengan mengikuti tutorial membuat website di atas, Anda dapat menciptakan situs yang tak hanya terlihat indah, tapi juga fungsional. Website adalah sarana pemasaran digital yang penting pada era ini, karena hampir semua orang pasti terkoneksi internet.

Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu dan dana untuk mengembangkan website Anda. Makin banyak pengunjung di website, makin banyak pula persentase peningkatan keuntungan yang didapatkan. Setelah membaca cara membuat website di atas, siapkah menciptakan website untuk bisnis Anda sekarang? Butuh cepat bisa langsung gunakan jasa pembuatan website kami.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment

Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Tidak dapat dipungkiri bahwa sosial media telah menjadi bagian dari sebagian besar strategi pemasaran digital bisnis. Menggunakan sosial media  perlu memahami manfaat