Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial

Table of Contents

Tidak dapat dipungkiri bahwa sosial media telah menjadi bagian dari sebagian besar strategi pemasaran digital bisnis. Menggunakan sosial media  perlu memahami manfaat dari perspektif bisnis. Berbagi konten dengan audiens adalah salah satu manfaat terbesar menggunakan media sosial sebagai bisnis. Berikut strategi pemasaran menggunakan media sosial :

  1. Mempromosikan konten

Data: 93% pengiklan media sosial menggunakan iklan Facebook secara teratur

[sumber: Penguji Media Sosial]

Berbagi konten secara organik adalah cara yang bagus untuk berkomunikasi dengan audiens yang ada, Dengan strategi yang tepat, dan sedikit riset, mempromosikan konten  di platform media sosial yang tepat dapat membantu orang-orang yang tidak terhubung dengan bisnis Anda untuk menemukan produk atau layanan Anda.

  • Tingkatkan Brand Awereness

Data: 52% dari semua penemuan brand online masih terjadi di umpan sosial publik [sumber: Hootsuite]

Pengukuran untuk metrik seperti jangkauan, suka, keterlibatan, dan berbagi adalah inti dari sebagian besar paket analitik platform media sosial, yang berarti Anda dapat dengan mudah melacak kesadaran brand.

Posting media sosial organik dan berbayar adalah cara yang bagus untuk menjual layanan dan produk tertentu, tetapi juga dapat digunakan dengan efek yang bagus untuk meningkatkan kesadaran akan brand.

  • Keterlibatan pelanggan dan audiens

Data: 50% konsumen mengatakan bahwa melihat konten buatan pengguna akan meningkatkan peluang branda untuk membeli produk melalui media sosial suatu brand. [sumber: Curalate]

Media sosial memberi audiens kesempatan untuk memulai percakapan dua arah, dan menciptakan keterlibatan yang langgeng

Selain membantu mengetahui bagaimana perasaan audiens tentang konten, produk, atau layanan, keterlibatan yang baik dapat mengubah pelanggan menjadi Brand Ambassador yang akan membantu menyebarkan brand lebih luas.

Mampu berinteraksi dan terlibat langsung dengan pelanggan merupakan cara yang bagus untuk membangun kepercayaan. Jika pelanggan yang sudah memberikan testimoni yang baik tentang bisnis Anda, baik melalui interaksi dengan konten atau melalui ulasan, kemungkinan besar orang lain juga akan mempercayai nya.

  • Layanan pelanggan dan dukungan pelanggan

Data: 71% konsumen yang memiliki pengalaman layanan media sosial yang baik dengan suatu brand cenderung brandomendasikannya kepada orang lain. [sumber: Duta]

Meskipun pelanggan tidak sepenuhnya puas dengan produk atau layanan, bukan berarti Anda kehilangan pelanggan selamanya. Banyak bisnis menggunakan media sosial sebagai portal layanan pelanggan untuk memungkinkan seller merespons masalah apa pun dengan cepat dan efektif.

media sosial dapat menjadi cara yang sangat hemat biaya untuk menyediakan layanan pelanggan atau dukungan pelanggan. Jika Anda dapat memastikan bahwa layanan pelanggan bisnis anda luar biasa, bahkan pelanggan yang sebelumnya kesal mungkin akan memuji Anda

  • Brand Equity

Data: 80% perusahaan daring mendapat kesan bahwa branda memberikan layanan pelanggan media sosial yang luar biasa, sementara hanya 8% pelanggan branda mengatakan bahwa branda setuju. [sumber: Smart Insights]

Dalam Bentuk pemasaran apa pun, selalu ada informasi yang tidak dimiliki. Hal ini dapat terjadi terutama dalam pemasaran media sosial, Ketika anda belum tahu persis apa yang dikatakan pelanggan tentang brand anda kecuali mereka berkomunikasi secara langsung.

Like this article?

Share on facebook
Share on Facebook
Share on twitter
Share on Twitter
Share on linkedin
Share on Linkdin
Share on pinterest
Share on Pinterest

Leave a comment